Selamat datang di dibalikkamera.blogspot.com, semoga bermanfaat bagi Anda. Beri komentar Anda di kotak "Komentator", terima kasih.

12 Maret 2013

Pawai ogoh-ogoh tahun 2013



Kalian udah pernah belom liat ogoh2?? Mungkin udah ada yg pernah liat dan juga ada yg belom liat…

Nah bagi yg belom liat, gw ceritain sedikit dan biarkan foto yg berbicara… (lo kira foto punya mulut?? !%#$%^@&)

Biasanya, bahkan memang udah budayanya umat hindu khususnya di bali dan mungkin di daerah lain juga ada, contoh: Jakarta dll.. Sebelum Nyepi tuh diadain pawai ogoh2. Apa sih ogoh2 itu?? Hmmm bukannya gw ga mau kasih tau sejarah dan artinya, tanyakan saja pada ahlinya, mba google.. dia udah hatam berapa kali kalo ditanya gituan..

Yang gw pengen ceritain, ogoh2 biasanya dibuat  1-2 bulan menjelang hari raya nyepi. Itu banyak melibatkan anak muda alias remaja setiap banjar (banjar tuh kaya RT gitu, kalo ga salah). Setiap banjar buat ogoh2 dengan macem2 bentuk sesuai dengan kreatifitas masing2..

Kata temen gw, namanya Oka tapi disebut Oke’, buat ogoh2 tuh sekitar mulai dari jam 7 malam sampe pagi jam 4 atau 5… itu kalo di hari kerja. Beda lagi kalo hari libur, mungkin dari pagi ketemu pagi kali ya,,, ada sip – sip an … hehehhe…

Menjelang nyepi kemarin, tanggal 11 Maret 2013, gw emang udah niat bgt buat hunting foto tuh ogoh2… Sama seperti tahun lalu, disepanjang jalan banyak bgt ogoh2,,,  ada yang besar, serem, kecil, lucu dan macem2 jenisnya. Oh iya sebelum lebih jauh, ini tahun ke 2 gw rasain nyepi di bali ( Ya Allah semoga ini terakhir gw rasain nyepi di bali, berharap pindah tempat daerah kerja di Jakarta, aamiin).

Oke balik lagi ke cerita awal, sepanjang jalan yg gw lalui (jalan sesetan namanya) banyak bgt ogoh2, dan yang pada bawa mobil maupun motor tuh jalannya mesti hati2, pelan2 pun ga cukup. Kita mesti tetep fokus kejalan. 

Soalnya tuh, banyak pemake jalan  liat kanan kiri buat fotoin ogoh2, terkadang juga suka berhenti tiba2. Termasuk gw sendiri… heheheh
Nih ada beberapa ogoh2 yang berhasil terjaring (emangnya ikan??!...hmmm)





Nah mendekati salah satu pura, pas banget ada acara/ ritual agama hindu. naluri wartawan gw kembali muncul. Langsung gw parkirin motor. Gw langsung foto2in tuh kegiatan disana,, ah bodoh bgt diliatin orang, udah terbiasa gw diliatin org2, secara gw dimiripin artis,,, ahahaha…
Jeprat….. jepretttt…. Jepraaattt… tuuuuuut…. (tiba2 kentut pas moto…. :p )








Lanjut lagiiiii jalan….. bbrrrbbbbb brrbbbbbbb dengan sangat cepat (20km/jam) gw bawa motor, nyalip kanan,,, nyalip lagi kiriiiii… *pembalap  jalanan beraksi
Tiba2 gw berhenti lagii,,,,,liat orang yg dicekik diperebutkan dua orang yg ga gw kenal… walah ternyata masih ogoh2…  hebat bgt sih nih yg buat, kreatifitas yg sangat tinggi… salut sama semua yg buat ogoh2



Eh diseberangnya ada preman jalanan naek motor… lagi lagi ogoh2, gaul bgt ogoh2 yg satu ini,, mantab bang!...



Puas dengan liat perebutan kedua orang  pria terhadap seorang wanita dan ojek gaul, gw nge gas lagi ke tujuan utama gw, nama tempatnya tuh di puputan, patung catur muka deket kantor walikota Denpasar.
Nah disana gw mulai deh parkirin motor dan foto2 lagi…
Selanjutnya biar foto yang berbicara,,, tempat dan waktu saya persilahkan… (capeee deh….)









 


nah itu sebagian pgoh2 yang berhasil gw jepret...
dan dibawah ini foto2 suasana saat pawai ogoh2 tersebut..












Foto-foto di atas adalah hak cipta dari gw sendiri, Hartantio Nugraha. silahkan saja copas, asalkan seijin gw dan jangan mengaku ngaku foto sampean.. ini karya seni dari gw (walaupun ga bagus... ahahahha)...

0 komentar:

Posting Komentar